Pages

Senin, 08 Juni 2015

CB: Interpersonal Development (Week - 3)

Tanggal 12 April 2015


Minggu ke-3 kami di Rumah Singgah Sahabat Anak Gambir. Kami melanjutkan kegiatan sosial kami dengan kegiatan minggu ke 8 ini sesuai proposal yang kami ajukan yaitu memberikan pelatihan olah vocal dan ekspresi kepada anak-anak rumah singgah. Hal ini berguna untuk melatih olah vokal mereka saat mereka memainkan suatu peran. Contohnya saja peran sebagai wanita tua maka vokal suara yang dibuat harus sesuai dengan suara wanita tua. Selain itu pelatihan olah vokal juga berguna untuk pelafalan intonasi dalam berucap sama memainkan peran didalam suatu pentas drama. Selain olah vocal kami juga mengajarkan bagaimana menempatkan suatu kondisi dimana kita mampu berekspresi sesuai dengan peran yang akan kita jalani saat kita memainkan sebuah pentas drama, ekspresi mimik wajah sangat penting guna mendukung peran yang akan dilakoni dalam sebuah pentas drama. Contoh nya saja saat kita mendapatkan suatu naskah drama yang mengharuskan kita untuk bisa berekspresi berbagai macam peran. Saat kita bahagia kita akan menunjukan mimik wajah bahagia yang disertai dengan mimik wajah sumringah dan selalu melebarkan senyuman sembari mengucapkan syukur berbeda hal nya ketika kita memerankan peran dengan kondisi sedih maka mimik wajah mendukung peran adalah dengan menekuk bibir dan menurunkan wajah sembari mengerutkan muka dan mengucapkan kata-kata keluhan yang menunjukan kesedihan sang pemain peran. Hal-hal dasar seperti ini merupakan hal kecil yang mampu menyokong jalan nya suatu pentas drama supaya berjalan dengan baik. Penguasaaan peran akan mempermudah kita mendapatkan kepercayaan untuk memainkan suatu peran dalam suatu pentas drama.
Minggu ini kami memberikan basic dasar olah vocal dan ekspresi tersebut kepada anak-anak dirumah singgah (Sahabat Anak Gambir). Banyak hal yang kami lakukan supaya anak-anak Sahabat Anak Gambir mampu memahami dengan baik materi yang kita sampaikan agar materi yang kita sampaikan dapat dicerna dengan baik oleh mereka dan dapat mereka manfaatkan saat mereka memainkan sebuah pentas drama karena Yayasan  Sahabat Anak Gambir selain memeberikan bimbingan belajar kepada anak-anak jalanan dan warga sekitar Rumah Singgah (Sahabat Anak Gambir) juga fokus dalam pemberian ilmu kesenian.
Selain kami memberikan materi dan penjelasan bagaimana caranya agar dapat melatih olah vocal dan dapat beekspresi sesuai peran yang dimakinkan dalam suatu drama atau teater. Kami juga memberikan penjelasan dengan praktek. Kami memberikan suatu tantangan kepada anak-anak rumah singgah untuk mampu berekspresi sesuai dengan keadaan yang sedang dihadapi. Saat ini kami memberikan tantang kepada anak-anak untuk mampu memnunjukan ekspresi bahagia ketika mereka berhasil mendapatkan suatu hadiah uang sebesar Rp. 1.000.000.000. Kami pun memilih 4 orang anak yang bernama Nabilla, Syafikah, Thalia dan Arfan untuk mampu memberikan ekspresi dan ungkapan bahagia ketika mereka berhasil mendapatkan hadiah uang sebesar Rp. 1.000.000.000. sebelum mereka melaksanakan tantangan tersebut kami memberikan contoh terlebih dahulu kepada mereka agar mereka mendapatkan suatu gambaran ekspresi dan ungkapan apa yang harus mereka lakukan saat mereka mendapati siatuasi tersebut. Dan masing-masing dari anak yang kami tunjuk tadi berhasil dengan baik menyelesaikan tantangan yang kami berikan tersebut. Dan kami memilih satu yang terbaik diantara mereka yang mampu medalami peran yang kami berikan dengan baik. Yaitu Nabilla, dia mampu dengan percaya diri memerankan peran tersebut.

Selanjutnya setelah memberikan tantangan untuk mampu memerankan ekspresi bahagia kami pun terus mengasah kemampuan mereka dengan memeberikan tantangan yang lain. kami mengambil kisah bawang merah dan bawang putih, namun sayang banyak sebagian anak yang bahkan tidak mengetahui cerita anak bawang merah dan bawang putih hal ini disebabkan kurang nya hiburan untuk anak-anak dibawah umur melainkan meruaknya sajian hiburan untuk orang dewasa yang bahkan dikomsumsi untuk anak-anak dibawah umur yang belum sewajar nya menyaksikan tayangan tersebut. Nah, karena banyak dari anak-anak yang masih belum mengetahui cerita bawang meran dan bawang putih kami kembali memberikan contoh peran yang dimainkan oleh bawang merah dan bawang putih. Kami kembali menunjuk 4 orang anak yang masing-masing berperan sebagaia bawang merah dan bawang putih. Dimana bawang merah memiliki sifat yang antagonis dan jahat serta bawang merah yang memiliki sifat ramah dan rendah hati. Kami sangat senang mengajar di Sahabat Anak gambir karena anak-anak yang kami ajarkan sangat antusias dan cepat memahami materi yang kami berikan. Diakhir pertemuan kami memberikan mereka snack dan hadiah bagi anak-anak yang sudah berani tampil didepan anak-anak lain nya dengan penuh percaya diri. 

0 komentar:

Posting Komentar